Selasa, 22 Januari 2013

SULIT MEMAAFKAN ORANG LAIN??
IKUTI CARA INI!!

Didalam menjalani kehidupan kita sebagai manusia yang jauh dari kesempurnaan pasti tidak akan luput dari kesalahan. Entah itu dengan pacar, tetangga, teman, keluarga, diri sendiri, atau bahkan dengan orang yang tidak kita kenal sama sekali. Kebalikan dari semua itu, Orang lain juga bisa saja membuat kesalahan pada kita yang mungkin saja mengakibatkan sakit hati yang begitu mendalam. Dan yang namanya kesalahan pasti di ikuti juga dengan kata maaf. Jadi seumpama hati kita sakit karena kesalahan orang lain, untuk menghilangkan sakit hati tersebut adalah dengan memaafkan orang tersebut. Memang hal itu mudah sekali di katakan tapi sangat sulit untuk di lakukan jika sakit yang kita alami benar-benar membuat kita menderita. Tapi dengan beberapa cara, rasa sulit itu ternyata bisa di atasi dengan mudah.
Cara mudah memaafkan kesalahan orang lain :

* Melupakan keburukan
Cara pertama adalah melupakan semua keburukannya. Dalam hal ini memang kita tidak akan pernah bisa sepenuhnya lupa, tapi setidaknya kita bisa mengurangi rasa sakit hati yang selama ini kita rasakan. Dan seandainya ada sesuatu yang bisa mengingatkan keburukannya, anggap saja itu adalah sebuah pelajaran.

* Mengingat semua kebaikannya Mengingat semua kebaikan orang yang sudah menyakiti kita juga bisa membuat rasa maaf tumbuh di hati kita. Karena entah itu kecil atau besar, kebaikan orang tersebut kepada kita sebenarnya membawa perubahan baik pada
kehidupan kita. Jika orang
tersebut tidak pernah berbuat
baik kepada kita, Setidaknya secara tidak langsung orang itu sudah membawa kebaikan meskipun melalui orang lain, melalui orang lain lagi, dan seterusnya. Jika anda kurang jelas, coba saja anda bayangkan jika anda tidak pernah bertemu dengan orang itu atau orang yang memiliki hubungan dengan orang yang di maksud. Pasti kehidupan anda berbeda dari yang sekarang.

* Sering menyapa
Meskipun ada orang yang pernah berbuat salah, tapi usahakan anda tetap menyapanya seperti biasa. Dengan begini akan menciptakan rasa yang nyaman sehingga setiap bertemu dengan orang itu rasa jengkel atau benci bisa hilang secara perlahan.

* Lihat manfaatnya
Kalau yang ini sepertinya sangat membingungkan. Karena sebuah kesalahan yang membuat sakit hati kok bisa ada manfaatnya. Tapi kalau kita berfikir lebih teliti lagi, di setiap kejadian apapun pasti ada manfaatnya. Misalnya saja ketika anda di pukuli orang lain,dan akibatnya anda masuk rumah sakit. Dan pada akhirnya anda jadi bertemu suster cantik lalu kenal dan dapat no hpnya. Atau contoh lainnya anda di putus sama pacar. Setelah anda putus anda mendapat pacar baru yang lebih baik dan lebih menerima anda apa adanya.
Dan contoh lain anda bisa lihat contoh sebuah cerita di bawah ini.
" Ada seorang pemuda miskin yang di usir oleh seorang satpam sebuah pabrik ketika hendak melamar pekerjaan. Anak muda itu tidak di ijinkan masuk karena pakaian yang di kenakan di anggap kurang pantas. Dengan cara di bentak-bentak, anak muda itu di minta agar segera meninggalkan tempat tersebut. Pemuda itupun sakit hati dan berniat membalas
dendam pada satpam tersebut. Namun apa daya tenaga kalah uang juga tak punya. Akhirnya pemuda itu berjanji akan membalas dendam jika dia sudah kaya atau setidaknya sudah bisa sukses. Pemuda itu pun berusaha keras dan beberapa tahun kemudian dia sudah mempunyai usaha sendiri dan mempunyai banyak pegawai. Ingatlah pemuda itu pada satpam yang dulu menyakitinya. Ketika hendak mempersiapkan acara balas dendamnya, pemuda itu merenung dan akhirnya sadar bahwa jika satpam itu dulu tidak mengusirnya, maka sampai saat ini dia akan jadi karyawan dan kalaupun tidak di terima maka dia tidak akan punya semangat untuk menjadi sukses seperti
sekarang ini. Jadi pemuda itu
justru berterima kasih pada satpam galak tersebut karena sudah membuat hidupnya menjadi lebih baik."

Dari contoh di atas, sudah bisa kita buat kesimpulan bahwa kejadian apapun itu pasti ada manfaat juga kerugiannya. Jadi jika ada orang yang berbuat kesalahan pada kita, jadikan itu sebagai pelajaran dan ambil saja kebaikannya. ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar