Senin, 26 Maret 2012

Lyra Belacqua "Golden Compass"



Lyra Belacqua (juga dikenali sebagai Lyra Silvertongue) ialah sebuah karakter fiksi dalam trilogi His Dark Materials karya Philip Pullman. Dalam The Golden Compass, Lyra yang diperankan oleh Dakota Blue Richards.


Kompas Emas adalah buku pertama trilogi His Dark Materials karya pengarang InggrisPhilip Pullman. Novel fantasi ini mengisahkan petulangan Lyra Belacqua dalam mencari teman-temannya yang hilang, ayahnya yang dipenjara, Lord Asriel, yang melakukan eksperimen terhadap materi misterius bernama Debu. Edisi Inggris buku ini berjudul Northern Lights, sedangkan di Amerika Utara diganti dengan The Golden Compass. Pemenang Carnegie Medal 1996, novel ini telah diadaptasi menjadi film Hollywood berjudul The Golden Compass. Di Indonesia, Kompas Emas diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama pada November 2007. Baik novel maupun filmnya mendapatkan kritik keras mengenai penulisan negatif novel ini terhadap institusi agama dan agama secara umum.

Latar trilogi His Dark Materials bergerak dalam dunia paralel yang saling berhubungan. Kompas Emas berlokasi di salah satu dunia tersebut, yang memliki kemiripan dengan dunia kita, namun juga berbeda. Ada tiga tempat yang disebutkan di sini, yaitu: Oxford, di mana terdapat Akademi Jordan yang menjadi lokasi awal cerita; Bolvangar, tempat Magisterium membuat eksperimen mengenaiDebu; dan Svalbard, kerajaan para Panserbjørne, beruang berbaju besi. Kedua tempat terakhir berlokasi di Kutub Utara seperti sebagian besar lokasi cerita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar