Jumat, 02 Maret 2012

Kemungkinan Penyebab Kamu Masih Single Sampai Sekarang

13th Feb 12. Posted in ArtikelCintaFeatured.

Besok udah valentine dan kamu mempertanyakan sebuah pertanyaan yang ditanyakan mungkin oleh jutaan single lainnya: Kapan Gue Punya Pacaaaar! Basi memang, tapi sepertinya ini gak bisa lepas dari pikiran kamu. Abisnya gimana dong, 14 Februari besok ini mungkin adalah valentine ke-10 kamu sendirian. Artinya kamu sudah 10 tahun menjadi seorang single. Ack! Sebenernya kenapa sih kamu masih single ajah sampai sekarang?
Menurut MBDC, mungkin penyebabnya adalah Automatic Thoughts alias pikiran otomatis. Nah lo apaan tuh. Automatic thoughts adalah pikiran yang secara otomatis muncul dalam pikiran kamu dalam kehidupan sehari-hari. Pikiran ini isinya adalah komentar kamu terhadap kejadian sehari-hari dan sangat berpengaruh sama tindakan kamu dan apa yang kamu rasakan.
Nah, automatic thoughts ini bisa muncul sebagai pikiran negatif yang tentunya akan mempengaruhi kehidupan kamu. Masalahnya, semakin sering kamu memikirkan pikiran negatif itu, secara gak sadar kamu juga akan makin sering mencari pembenaran akan hal yang kamu pikirin tersebut. Berikut adalah 6 contoh pikiran-pikiran negatif yang sering dipikirin secara gak sadar oleh kamu-kamu yang single:

1. Ngeliat Negatifnya Doang

Ini adalah suatu keadaan dimana kamu cuma ngeliat sisi negatif dari sebuah hal, padahal sebenernya kamu banyak mendapatkan hal positif.
Contoh: Kamu berhasil ngajakin gebetan kamu pergi, tapi bukannya seneng kamu justru mikir
“Halah, palingan dia mau pergi sama gue cuma karena dia lagi gak ada temen aja. Gue kan emang ban serep”
Lah kok gitu sih. Anaknya emo sih kamu.

2. Membesar-besarkan Hal Negatif

Alias drama gitu deh. Jadi kalo ada hal-hal negatif yang sebenernya gak harus terlalu dipikirin malah jadi digede-gedein gitu.
Contoh: Kamu ngajakin pergi gebetan kamu, tapi dia gak bisa. Kamu langsung mikir
Oh dia gak mau pergi sama gue. Pasti dia gak suka sama gue. Kenapa ya? Pasti karena gue bau. Atau karena gue miskin? Atau karena gue miskin dan bau? Ah mungkin karena bulu ketek gue panjang. Aduh gue harus cukur nih. Aduh, tapi gue kan gak bisa beli alat cukur. Gue jadi gelandangan aja kali ya.
Padahal gebetan kamu gak bisa pergi karena harus nganterin nyokapnya ke dokter. Parah banget sih kamu.

3. Memprediksikan Kegagalan

Ini adalah dimana kamu secara otomatis memprediksikan kegagalan kamu, bahkan sebelum kamu melakukan apa yang harusnya kamu lakukan. Pikiran ini secara gak langsung menjadi harapan kamu akan apa yang bakalan terjadi.
Contoh: Kamu mau ngajak pergi gebetan kamu, tapi sebelum ngajakin kamu langsung mikir
Halah palingan juga gak mau. Tailah.
Trus akhirnya kamu gak jadi ngajakin doi pergi. Atau kalaupun kamu jadi ngajak dia pergi, kemungkinan jadinya bakal kayak:
Kamu: Pergi yuk
Gebetan: Oh sebentar ya, coba aku tanya…
Kamu: Oh gak mau ya? Kalo gak mau juga gak papa kok. Diperlakukan gak adil gini saya udah biasa.
Gitu deh. Drama gila.

4. Mengandalkan Perasaan Buat Mikir

Ini adalah suatu keadaan dimana mood kamu lagi gak enak trus kamu jadi nganggep semua hal yang ada di sekitar kamu ikutan gak enak juga.
Contoh: Kamu mau ngajak gebetan kamu pergi, tapi kamu lagi agak-agak BT soalnya abis dimarahin mama.
Kamu: Eh, mau pergi gak?
Gebetan: Mungkin bisa sih, tapi –
Kamu: Ah bilang aja gak mau! Semua orang kayak tai hari ini!
Nah, dia jadi gak mau beneran kan.

5. Membuat Diri Sendiri Gagal

Yang ini adalah sebuah kondisi dimana kamu sengaja membuat goal yang terlalu tinggi sampai-sampai kamu sendiri yakin kalo kamu gak bisa mencapainya. Jadi goalnya bukan buat pemicu, tapi buat alesan untuk gagal. Hah, gimana sih?
Contoh: Kamu mau ngajakin gebetan kamu, tapi kamu bersumpah sama diri kamu sendiri kalo kamu gak mau pacaran sebelum kamu punya pesawat tempur. Dengan bahasa yang lebih sederhana: gak mungkin.

6. Selalu Menyalahkan Diri Sendiri

Ini sebenernya gak masuk akal, tapi ada kalanya kamu menyalahkan diri kamu sendiri akan hal-hal yang sebenernya gak bisa kamu kontrol juga. Kecuali kamu semacem X-Men. Tapi kamu bukan X-Men kan?
Contoh: Kamu mau ngajakin gebetan kamu pergi, tapi kamu punya keyakinan bahwa semua orang yang kamu ajak pergi pasti pulang-pulang bakal jadi gendut. Ini akhirnya bikin kamu gak pernah ngajakin siapa-siapa pergi karena kasian mereka bakal jadi gendut.
Nah gitu deh. Makanya jangan suka mikir yang aneh-aneh. Mikirin tuh yang bagus-bagus aja gitu, kayak misalnya tentang perdamaian dunia, cewek pake lingerie, atau mungkin anak anjing lagi tidur. Apa aja lah, asal menurut kamu bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar