Palembang (ANTARA News) - Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Palembang berhasil menjuarai Turnamen Futsal Romi Herton Cup I setelah mengalahkan SMA Negeri 15 dengan skor 2-0 pada pertandingan final di Raja Sport Center, Palembang, Minggu sore.

Berkat prestasi itu, SMA Negeri 5 berhak atas piala bergilir, piala tetap dan uang pembinaan sebesar Rp2,5 Juta. Sementara SMA Negeri 15 yang menjadi juara kedua mendapatkan piala tetap dan uang pembinaan Rp1,5 juta.

Sedangkan, tempat ketiga diraih SMA Negeri 1 Palembang setelah mengalahkan SMA Negeri 2 dengan skor 9-0.

Untuk juara ketiga berhak atas piala tetap dan uang pembinaan Rp1 juta, dan posisi keempat berhak atas piala tetap dan uang pembinaan sebesar Rp500 ribu.

"Turnaman seperti ini diharapkan bisa lebih semarak lagi pada masa mendatang. Dengan adanya turnamen seperti ini membuat kami termotivasi untuk berlatih dan meningkatkan kemampuan," ujar Rio Trihartanto, peserta dari SMA Negeri 5 Palembang yang berhasil mencetak dua gol di pertandingan final.

Romi Herton Cup I ini diikuti oleh 96 tim yang berasal dari Pelambang dan beberapa utusan kabupaten lain seperti Muara Enim, Ogan Ilir, Prabumulih, OKI dan Banyuasin.

"Kegiatan ini kami maksudkan untuk memperingati hari Sumpah Pemuda dan menyemarakkan SEA Games XXVI Indonesia tahun 2011 yang diselenggarakan di Sumsel dan DKI Jakarta," kata dia.

Selain itu, dia melanjutkan untuk meningkatkan kualitas atlet futsal khususnya para pelajar yang memiliki banyak potensi untuk dikembangkan.

"Antusias pelajar luar biasa. Satu tim terdiri atas 10 pemain maka 96 tim itu bisa 960 pelajar. Dengan begini saya yakin mereka akan terhindar dari namanya obat terlarang maupun perbuatan yang merugikan orang lain," kata Wakil Wali Kota Palembang, Romi Herton.

Oleh karena itu, dia berjanji untuk segera mendirikan Liga Futsal Palembang pada pertengahan Oktober 2010.

"Kalau ada sebuah liga yang mewadahi, saya rasa futsal bisa berkembang lebih cepat di Sumsel. Dengan begitu pelajar akan terpacu dan termotivasi untuk terus berlatih," ucap dia. (ANT-039/K004)